Senin, 10 Februari 2014

Pengertian Perencanan Pembelajaran dan Contoh Perencanaan Pembelajaran

Apa yg di maksud dgn perencanaan pembelajaran itu?

Perencanaan pembelajaran merupakan kegiatan merumuskan tujuan-tujuan apa yang ingin dicapai oleh suatu kegiatan pembelajaran, cara apa yang digunakan, materi atau bahan apa yang disampaikan untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran tersebut. Bentuk rencana pembelajaran dijabarkan dari hal yang paling umum kepada yang paling khusus dalam rangka pencapaian tujuan pembelajaran. Bentuk rencana pembelajaran ini meliputi bentuk satuan pembelajaran untk masing-masing pokok bahasan dalam tiap-tiap caturwulan atau semester yang dikembangkan dari silabus atau GBPP tiap bidang studi atau mata pelajaran.
Fungsi rencana pemelajaran adalah agar guru lebih siap dalam melaksanakan proses pembelajaran. Komponen-komponen yang harus dipertimbangkan dalam perencanaan pembelajaran adalah tujuan, materi/bahan, strategi/metode dan media, dan evaluasi

Buat perencanaan pembelajaran tentang ips sesuai keinginan kalian itu seperti apa ?
Selama ini di tingkat persekolahan memperlihatkan, dalam proses pembelajaran IPS, guru IPS kurang optimal baik di dalam memanfaatkan maupun memberdayakan sumber pembelajaran, karena dalam proses pembelajaran IPS cenderung masih berpusat pada guru (teacher centered), textbook centered, dan monomedia. Adalah tidak dapat dipersalahkan apabila banyak siswa mengganggap proses pembelajaran IPS sebagai sesuatu yang membosankan, monoton, kurang menyenangkan, terlalu banyak hafalan, kurang variatif, dan pelbagai keluhan lainnya.
Padahal pendidikan IPS merupakan synthetic science, karena konsep, generalisasi, dan temuan-temuan penelitian ditentukan atau diobservasi setelah fakta terjadi. Informasi faktual tentang kehidupan sosial atau masalah-masalah kontemporer yang terjadi di masyarakat dapat ditemukan dalam liputan (exposure) media massa, karena media massa diyakini dapat menggambarkan realitas sosial dalam berbagai aspek kehidupan. Meskipun untuk itu, informasi atau pesan (message) yang ditampilkannya sebagaimana dapat dibaca di surat kabar atau majalah, didengarkan di radio, dilihat di televisi atau internet telah melalui suatu saringan (filter) dan seleksi dari pengelola media itu untuk berbagai kepentingannya, misalnya : untuk kepentingan bisnis atau ekonomi, kekuasaan atau politik, pembentukan opini publik, hiburan (entertainment) hingga pendidikan.
Maka dari itu saya membuat Perencanaan Pembelajaran Mata Pelajaran IPS pada pertemuan satu sebagai berikut:
A.   Tujuan
1.      Mendeskripsikan pengertian letak astronomis dan letak geografis
2.      Menjelaskan batas-batas letak astronomis dan geografis Indonesia
3.      Menyebutkan wilayah Indonesia yang dilalui garis khatulistiwa
4.      Menjelaskan tiga daerah waktu yang ada di Indonesia
5.      Mengidentifikasi pengaruh letak geografis terhadap kehidupan Indonesia yang dapat dirasakan sehari-hari
B.   Materi Pembelajaran
1.      Letak Astronomis Indonesia
2.      Letak Geografis Indonesia

C.   Metode Pembelajaran
Pendekatan Umum: Deduktif-Induktif
Metode: Problem Based Instruction (PBI)

D.   Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.      Media    : PowerPoint Unit 1 IPS Terpadu untuk SMP/Mts kelas VII (Grafindo Media Pratama), Peta Indonesia, Atlas Indonesia.
2.      Alat       : Whiteboard, Spidol, Penghapus, Infocus, Komputer.
3.      Sumber Pembelajaran   : Buku IPS Terpadu untuk SMP/Mts kelas VII (Grafindo Media Pratama), Internet, buku sumber lain yang relevan.

E.    Kegiatan Pembelajaran
1.            Pendahuluan
a.            Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa dengan menceritakan negara Indonesia sebagai ‘tempat tinggal’ beserta iklim, musim, dan garis khatulistiwa yang dimilikinya. Diceritakan juga bahwa kondisi tersebut berkaitan dengan posisi/letak Indonesia, baik secara astronomis maupun geografis.
b.            Apersepsi
Bertanya jawab tentang hubungan antara letak Indonesia dengan iklim, musim, dan garis khatulistiwa.
1)            Wilayah mana saja yang dilewati oleh garis khatulistiwa?
2)            Apa perbedaan antara letak astronomis dengan letak geografis?

c.            Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang letak astronomis dan letak geografis Indonesia

2.           Inti
a.        Membimbing siswa untuk
Mengamati
1)           Mengamati Peta dan Atlas Indonesia untuk mengetahui letak Indonesia secara astronomis dan geografis
2)           Menyimak bacaan dalam buku paket tentang letak astronomis dan letak geografis Indonesia
3)           Mengamati penjelasan mengenai letak astronomis dan geografis Indonesia yang ditayangkan dengan media PowerPoint
Menanya
1)            Mampu mengajukan pertanyaan tentang alasan ketidakteraturan musim di Indonesia
2)            Menanyakan tentang pengaruh pembagian waktu di Indonesia (WIB, WITA, WIT) terhadap kondisi perekonomian Indonesia
Pengumpulan Data
1)           Mengumpulkan data/informasi tambahan tentang ide penyederhanaan tiga waktu (WIB, WITA, WIT) menjadi satu waktu
2)           Mendiskusikan aecara berkelompok tentang lepasnya Pulau Sipadan dan Ligitan dari NKRI
Mengasosiasi
1)            Menyimpulkan letak Indonesia secara astronomis dan geografis
2)            Menyimpulkan pengaruh letak Indonesia (astronomis dan geografis) dalam kehidupan sehari-hari.
3)            Menyampaikan hasil diskusi tentang lepasnya Pulau Sipadan dan Ligitan dari NKRI, baik secara individu maupun kelompok.


Mengkomunikasikan
1)            Menyebutkan letak astronomis dan letak geografis Indonesia
2)            Menyebutkan pengaruh letak astronomis dan letak geografis yang dapat dirasakan sehari-hari
3)            Menyebutkan pengaruh angin terhadap kehidupan

b.        Mendiskusikan hasil laporan dan menyimpulkan letak geografis dan letak astronomis Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan sehari-hari.

3.           Penutup
a.              Mendorong siswa untuk menyimpulkan letak astronomis dan letak geografis Indonesia
b.              Mendorong siswa untuk melakukan refleksi  terkait materi letak astronomis dan letak geografis Indonesia yang telah dipelajari

c.              Mendorong siswa untuk menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari pembelajaran letak astronomis dan geografis Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar