Apa
yg di maksud dgn perencanaan pembelajaran itu?
Perencanaan
pembelajaran merupakan kegiatan merumuskan tujuan-tujuan apa yang ingin dicapai
oleh suatu kegiatan pembelajaran, cara apa yang digunakan, materi atau bahan
apa yang disampaikan untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran tersebut. Bentuk
rencana pembelajaran dijabarkan dari hal yang paling umum kepada yang paling
khusus dalam rangka pencapaian tujuan pembelajaran. Bentuk rencana pembelajaran
ini meliputi bentuk satuan pembelajaran untk masing-masing pokok bahasan dalam
tiap-tiap caturwulan atau semester yang dikembangkan dari silabus atau GBPP
tiap bidang studi atau mata pelajaran.
Fungsi rencana
pemelajaran adalah agar guru lebih siap dalam melaksanakan proses pembelajaran.
Komponen-komponen yang harus dipertimbangkan dalam perencanaan pembelajaran
adalah tujuan, materi/bahan, strategi/metode dan media, dan evaluasi
Buat
perencanaan pembelajaran tentang ips sesuai keinginan kalian itu seperti apa ?
Selama ini di tingkat
persekolahan memperlihatkan, dalam proses pembelajaran IPS, guru IPS kurang
optimal baik di dalam memanfaatkan maupun memberdayakan sumber pembelajaran,
karena dalam proses pembelajaran IPS cenderung masih berpusat pada guru (teacher
centered), textbook centered, dan monomedia. Adalah tidak dapat dipersalahkan
apabila banyak siswa mengganggap proses pembelajaran IPS sebagai sesuatu yang
membosankan, monoton, kurang menyenangkan, terlalu banyak hafalan, kurang
variatif, dan pelbagai keluhan lainnya.
Padahal pendidikan
IPS merupakan synthetic science, karena konsep, generalisasi, dan temuan-temuan
penelitian ditentukan atau diobservasi setelah fakta terjadi. Informasi faktual
tentang kehidupan sosial atau masalah-masalah kontemporer yang terjadi di masyarakat
dapat ditemukan dalam liputan (exposure) media massa, karena media massa
diyakini dapat menggambarkan realitas sosial dalam berbagai aspek kehidupan.
Meskipun untuk itu, informasi atau pesan (message) yang ditampilkannya
sebagaimana dapat dibaca di surat kabar atau majalah, didengarkan di radio,
dilihat di televisi atau internet telah melalui suatu saringan (filter) dan
seleksi dari pengelola media itu untuk berbagai kepentingannya, misalnya :
untuk kepentingan bisnis atau ekonomi, kekuasaan atau politik, pembentukan
opini publik, hiburan (entertainment) hingga pendidikan.
Maka dari itu saya
membuat Perencanaan Pembelajaran Mata Pelajaran IPS pada pertemuan satu sebagai
berikut:
A. Tujuan
1. Mendeskripsikan pengertian letak
astronomis dan letak geografis
2. Menjelaskan batas-batas letak astronomis
dan geografis Indonesia
3. Menyebutkan wilayah Indonesia yang
dilalui garis khatulistiwa
4. Menjelaskan tiga daerah waktu yang ada di
Indonesia
5. Mengidentifikasi pengaruh letak geografis
terhadap kehidupan Indonesia yang dapat dirasakan sehari-hari
B. Materi
Pembelajaran
1. Letak Astronomis Indonesia
2. Letak Geografis Indonesia
C. Metode
Pembelajaran
Pendekatan Umum:
Deduktif-Induktif
Metode: Problem Based Instruction
(PBI)
D. Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
: PowerPoint Unit 1 IPS Terpadu untuk SMP/Mts kelas VII (Grafindo Media
Pratama), Peta Indonesia, Atlas Indonesia.
2. Alat
: Whiteboard, Spidol, Penghapus, Infocus, Komputer.
3. Sumber Pembelajaran : Buku IPS Terpadu untuk SMP/Mts kelas VII
(Grafindo Media Pratama), Internet, buku sumber lain yang relevan.
E. Kegiatan
Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a.
Mengkondisikan
siswa untuk belajar dan memotivasi siswa dengan menceritakan negara Indonesia
sebagai ‘tempat tinggal’ beserta iklim, musim, dan garis khatulistiwa yang
dimilikinya. Diceritakan juga bahwa kondisi tersebut berkaitan dengan posisi/letak
Indonesia, baik secara astronomis maupun geografis.
b.
Apersepsi
Bertanya jawab tentang hubungan
antara letak Indonesia dengan iklim, musim, dan garis khatulistiwa.
1)
Wilayah
mana saja yang dilewati oleh garis khatulistiwa?
2)
Apa
perbedaan antara letak astronomis dengan letak geografis?
c.
Menyampaikan
inti tujuan pembelajaran hari ini tentang letak astronomis dan letak geografis
Indonesia
2.
Inti
a.
Membimbing
siswa untuk
Mengamati
1)
Mengamati
Peta dan Atlas Indonesia untuk mengetahui letak Indonesia secara astronomis dan
geografis
2)
Menyimak
bacaan dalam buku paket tentang letak astronomis dan letak geografis Indonesia
3)
Mengamati
penjelasan mengenai letak astronomis dan geografis Indonesia yang ditayangkan
dengan media PowerPoint
Menanya
1)
Mampu
mengajukan pertanyaan tentang alasan ketidakteraturan musim di Indonesia
2)
Menanyakan
tentang pengaruh pembagian waktu di Indonesia (WIB, WITA, WIT) terhadap kondisi
perekonomian Indonesia
Pengumpulan
Data
1)
Mengumpulkan
data/informasi tambahan tentang ide penyederhanaan tiga waktu (WIB, WITA, WIT)
menjadi satu waktu
2)
Mendiskusikan
aecara berkelompok tentang lepasnya Pulau Sipadan dan Ligitan dari NKRI
Mengasosiasi
1)
Menyimpulkan
letak Indonesia secara astronomis dan geografis
2)
Menyimpulkan
pengaruh letak Indonesia (astronomis dan geografis) dalam kehidupan
sehari-hari.
3)
Menyampaikan
hasil diskusi tentang lepasnya Pulau Sipadan dan Ligitan dari NKRI, baik secara
individu maupun kelompok.
Mengkomunikasikan
1)
Menyebutkan
letak astronomis dan letak geografis Indonesia
2)
Menyebutkan
pengaruh letak astronomis dan letak geografis yang dapat dirasakan sehari-hari
3)
Menyebutkan
pengaruh angin terhadap kehidupan
b.
Mendiskusikan
hasil laporan dan menyimpulkan letak geografis dan letak astronomis Indonesia
serta pengaruhnya terhadap kehidupan sehari-hari.
3.
Penutup
a.
Mendorong
siswa untuk menyimpulkan letak astronomis dan letak geografis Indonesia
b.
Mendorong
siswa untuk melakukan refleksi terkait
materi letak astronomis dan letak geografis Indonesia yang telah dipelajari
c.
Mendorong
siswa untuk menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari pembelajaran letak
astronomis dan geografis Indonesia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar